Jl. Letkol Slamet Riyadi Kota Jambi Kodepos 36121

PDAM Tirta Mayang Operasikan IPA Baru Kapasitas 600 Liter per Detik

Pertama di Indonesia, Layanani 100 Persen Penduduk Kota Jambi


Jambi-Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Mayang (PDAM TM) Kota Jambi mulai mengoperasikan Instalasi Pengolahan Air (IPA), dengan system otomatis berkapasitas 600 liter per detik bantuan dari Kementerian PUPR RI.


IPA yang didesain dengan teknologi serba otomatis ini merupakan IPA berkapasitas diatas 500 liter per detik pertama yang ada di Indoensia. Pengoperasiannya menggunakan sistem teknologi otomatis atau bukan manual seperti IPA-IPA pada umumnya.

Erwin Jaya Zuchri, Direktur Utama PDAM TM mengatakan, IPA ini nantinya dapat melayani 70 persen penduduk Kota Jambi. “Ini bisa menambah 45 ribu sambungan baru. Diharapkan tahun 2020 nanti 100 persen penduduk Kota Jambi akan memperoleh pelayanan air bersih PDAM,” kata Dirut PDAM Erwin kemarin (9/10).
Lebih lanjut Erwin menyebutkan, IPA yang dibangun dengan APBN 80 Miliar itu mendapat perhatian khusus dari Menteri PUPR RI, Dr. Ir. M Basoeki Hadimoeljono, M.Sc.

Dengan didampingi oleh Dirjen Cipta Karya, Direktur Air Minum, Gubernur Jambi dan Walikota Jambi Dr. Sy Fasha, ME, Menteri PUPR melakukan peninjauan ke IPA Broni tersebut. “Dalam kunjungannya Menteri PUPR menyaksikan langsung proses pengolahan air IPA baru itu,” imbuhnya.
Dalam kesempatan tersebut, Menteri PUPR Dr.Ir. M Basoeki Hadimoeljono, M.Sc. mengharapkan agar Kota Jambi menjadi Kota yang memiliki PDAM yang hebat di Indonesia. (SUPRAPTO, HUMAS PDAM Tirta Mayang Kota Jambi)